Cara Mereset Kata Sandi Pada HP Android Tanpa Reset Data Pabrik

cara-reset-password-android-tanpa-reset-data-pabrik
Cara Mereset Kata Sandi Pada HP Android Tanpa Reset Data Pabrik
Melakukan pengamanan dengan menggunakan kata sandi atau pola memang sudah semestinya kita lakukan , karena selain menjaga privasi kita memakai kata sandi pada hp anda dapat meningkatkan keamanan hp anda terutama dari teman-teman anda yang jahil.

Pada umumnya smartphone android terdapat beberapa kata sandi yaitu berupa pola, kombinasi angka huruf, PIN, atau yang sekarang sedang trend yaitu sensor jadi atau yang biasa kita sebut fingerprint .

Namun dikarenakan manusia itu memang sudah sifatnya seringkali kita lupa terhadap kata sandi kita . Faktor lupa tersebut bisa saja karena terlalu rumit, typo, dll . Namun hal ini tidak berlaku terhadap sensor fingerprint karena itu memakai jari kita sendiri jadi tinggal tekan saja.

Disini saya akan membagikan tips cara mereset hp android anda yang lupa kata sandi tanpa melakukan reset data pabrik atau factory reset, cekidot ...

1. Menggunakan Android Device Manager

Cara mereset yang pertama yaitu adalah dengan mengunakan android device manager. Anda bisa menggunakan browser pc atau bisa memakai hp lain untuk mengakses layanan itu. Pastikan kamu log-in dengan akun google yang sama dan smartphone atau pc terhubung dengan internet.

Lalu buka Link Ini , setelah dibuka terdapat tiga pilihan yaitu Deringkan, Kunci, atau Hapus. Lalu pilih Kunci atau Lock. Jika Android Device MAnager mengalami eror atau perangkat anda sulit untuk ditemukan, klik tombol refresh pada browser anda beberapa kali hingga perangkat anda ditemukan.

Kemudian setelah klik tombol Kunci atau Lock, anda akan disuruh untuk memasukkan kata sandi baru, yang akan menggantikan kata sandi lama yang anda lupa. 

Ketik password baru dua kali untuk mengkonfirmasi pilihan anda, lalu klik tombol Lock dan tunggulah sekitar 5 menit dan setelah menunggu anda dapat kembali membuka hp android anda yang terkunci karena lupa kata sandi.

2. Gunakan Samsung Find My Mobile

Cara ini digunakan jika memang hp yang anda gunakan adalah produk samsung. Anda bisa menggunakan layanan yang serupa dengan Android Device Manager khusus dari samsung yaitu Find My Mobile.

Klik Link Ini dari browser, kemudian login ke akun samsung milik anda. Jika anda belum pernah mengatur akun samsung maka metode ini tidak akan bekerja.

Setelah kamu berhasi login, klik tombol Lock My Sceen di sebelah kiri. Kemudian masukkan PIN baru dan klik tombol Lock. Sekitar 2 sampai 3 menit, kata sandi pada hp anda akan berubah dan anda dapat menggunakan hp anda kembali .

3. Gunakan Fitur Forgot Pattern

Metode ini digunakan pada kata sandi berupa pola dan fitur ini biasanya terdapat pada Android 4.4 KitKat atau lebih rendah setelah gagal sebanyak 5 kali percobaan dan kamu akan melihat pesan yang mengatakan "Coba lagi dalam 30 detik". Setelah itu kamu pilih Forgot Pattern atau Lupa Pola yang letaknya di bagian bawah layar.

Dengan menjawab pertanyaan keamanan atau masuk dengan akun google milik anda , anda dapat mereset pola anda dan biasanya google akan mengirimkan email dengan pola pembuka kunci atau anda dapat mengubah pada saat itu juga.

4. Gunakan ADB untuk Menghapus Password

Cara mereset kata sandi berikutnya yaitu menggunakan ADB dan hanya akan bekerja jika sebelumnya anda telah mengaktifkan USB Debugging dan anda memiliki komputer yang sudah pernah dihubungkan dengan smartphone melalui ADB. 

Mula-mula hubungkan smartphone anda dengan komputer , lalu buka command prompt di direktori instalasi ADB kamu. Dari sini, ketik perintah berikut dan tekan enter.

"adb shell rm /data/system/gesture.key"

selanjutnya reboot smartpone anda dan setelah reboot smartphone anda sudah tidak memiliki kata sandi lagi, tapi hal ini bersifat sementara jadi pastikan anda menetapkan kata sandi baru sebelum melakukan proses reboot berikutnya.

5. Memakai Safe Mode

Sekarang ini banyak aplikasi pengaman lockscreen di android, namun terkadang sering terdapat bug dan tiba-tiba tidak bisa dibuka. 

Metode ini bertujuan untuk mereset kata sandi jika memang masalahnya datang dari aplikasi lockscreen yang anda install. 

Banyak cara untuk melakukan Safe Mode, tergantung jenis dan merk smartphone yang anda gunakan. Anda dapat browsing untuk menemukan kombinasi yang sesuai agar bisa masuk ke safe mode pada perangkat anda.

Setelah berhasil masuk ke Safe Mode, lockscreen dari aplikasi yang sementara akan dinonaktifkan. Dari sini anda dapat langsung meng-uninstall aplikasi tersebut kemudian reboot smartphone anda untuk keluar dari safe mode.

6. Mambuat Crash pada Lockscreen

Cara ini hanya dapat dilakukan pada Android 5.0-5.1.1 Lollipop, selain dari itu maka cara ini tidak akan bekerja. Cara ini hanya memanfaatkan bug pada smartphone pada jenis tersebut. Pertama, tekan Panggilan Darurat yang muncul di layar kunci. Kemudian gunakan dialer dan masukkan 10 tanda bintang seperti ini "**********" lalu ketuk dua kali untuk menyorot teks yang anda masukkan dan pilih copy. Ulangi lagi lalu paste disitu sehingga karakter bintangnya menjadi dua kali lipat.

Ulangi cara tersebut hingga mencapai pada maksimal karakter pada dialer anda. Kemudian kembali ke layar kunci dan buka shortcut kamera. Dari sini, tunggu notifikasi dan tekan ikon Settings, maka kamu akan diminta untuk memasukkan password. Tekan lama di kolom input dan pilih paste. Kamudian ulangi proses ini beberapa kali sehingga layar kunci menjadi crash dan memungkinkan kamu untuk mengakses hp anda lagi.
Previous
Next Post »