Cara Mengirim Lamaran Pekerjaan Lewat Email Dengan Baik Dan Benar

cara-mengirim-lamaran-via-email-dengan-baik-dan-benar


Zaman memang sudah berkembang, dulu jika ingin melamar pekerjaan kita harus membikin surat lamaran dan kirim lewat kantor pos . Jika ada panggilan ya tandanya anda diterima dan melanjutka ke proses interview dan jika tidak ada panggilan ya mungkin anda kurang beruntung .

Namun dulu untuk menerima panggilan pun tidak seperti sekarang memakai handpone , dulu harus memakai surat dan membutuhkan waktu lagi, Jadi intinya proses lamaran kerja itu lama dan ribet .

Sekarang hal itu tidak berlaku lagi , banyak perusahaan yang menerima lamaran pekerjaan lewat email dan jika diterima akan mudah kita ketahui karena biasanya dihubungi lewat nomor telepon atau kontak yang bisa dihubungi lainnya .

Namun banyak orang yang sering meremehkan tata krama dalam mengirim lamaran via email hal ini terjadi karena kebiasaan anak jaman sekarang yang lebih sering berkomunikasi menggunakan sms, chat dll .

Maka dari itu , saya mau mengingatkan sodara lagi cara mengirim lamaran pekerjaan lewat email yang baik dan benar .

1. Isi subject email

Yang pertama yaitu mengisi subject, memang hal ini sering dianggap sepele oleh saudara padahal jika tidak mengisi ini sama saja seperti memberikan surat lamaran tanpa ada tulisan apa-apa di depan amplop lamaran. Jika seorang HRD perusahaan sedang tidak sibuk , kemungkinan email anda akan dibaca , beda lagi jika HRD nya sedang sibuk , email anda akan dianggap tidak akan dibaca dan dianggap spam.

Contoh subject email : [Lamaran Kerja - Engineering] Dudung Maman

2. Memakai salam pembuka

Setelah mengisi subject , selanjutnya yaitu sang tidak kalah pentingnya adalah menulis salam pembuka pada surat lamaran anda.

Memberikan salam termasuk tata krama yang baik dan sopan dalam membuat lamaran baik menggunakan email ataupun tidak .

Contoh misalkan : Dear, Bapak/Ibu kepala HRD PT ALIM RUGI (Jika tidak tau nama HRD nya)

3. Menulis identitas secara lengkap

Pada bagian ini anda harus memperkenalkan diri dengan lengkap. Yang terpenting nama , tempat tanggal lahir, lulusan (Optional ) .

4. Menuliskan posisi yang anda inginkan

Dengan menuliskan posisi yang diinginkan , seorang HRD akan melihat bahwa anda memiliki suatu kelebihan di dalam posisi tersebut dan meyakinkan HRD bahwa anda memang tertarik dengan posisi tersebut.

5. Memakai bahasa formal

Ini juga sangat penting , masa mau melamar pekerjaan tidak memakai bahasa yang formal mungkin HRD nya hanya dengan melihat penggunaan bahasa dalam penulisannya mungkin enggan menerima anda karena bahasa yang digunakan tidak formal dan itu juga sudah menjadi tata krama dalam melamar pekerjaan .

6. Memakai foto resmi

Biasanya beberapa perusahaan meminta pelamar untuk melampirkan foto diri. Jangan sekali-kali melampirkan foto anda yang tidak resmi contohnya selfie karena hal itu dianggap tidak sopan .

7. Memakai salam penutup

Hal yang terakhir dan tidak boleh dilupakan saat menulis surat lamaran via email yaitu menuliskan salam penutup. Ini dianjurkan untuk mencerminkan tata krama sopan santun saudara sekalian sebagai seorang pelamar .


Previous
Next Post »