Cara Agar Presentasi Berjalan Lancar

cara-presentasi-berjalan-lancar
Cara Agar Presentasi Berjalan Lancar
Presentasi merupakan hal yang mungkin sudah biasa kita lakukan dalam proses pembelajaran kita, karena siswa dapat mengembangkan suatu materi atau bahan ajar yang guru berikan .

Namun presentasi juga tidak selamanya baik karena jika hanya siswa yang menerangkan, kemungkinan siswa yang lain tidak akan mengerti atau tidak terlalu memperhatikan apa yang di presentasikan oleh siswa lain.

Jadi sesudah presentasi sebaiknya seorang guru harus memberika refleksi terhadap materi yang di presentasikan oleh siswa agar siswa yang lain dapat mengerti apa yang di presentasikan tersebut.

Dalam presentasi seringkali kita temukan ada siswa yang kurang persiapan sehingga apa yang dia presentasikan tidak jelas dan hal ini berdampak pada siswa yang lain karena materi yang diterangkan tidak jelas.

Berikut ini adalah tips cara presentasi berjalan dengan lancar :

1. Persiapkan materi dengan matang

Tahap pertama ini sangat penting karena dengan persiapan yang matang kita akan mendapatkan kepercayaan diri akan materi yang kita bawakan .

Untuk materi presentasi itu sendiri biasanya kita bisa mendapatkan dari google, dan bisa kita kembangkan sendiri dengan bahasa sendiri agar lebih mudah dalam memahami dan menghapal materi presentasi.

2. Percaya diri

Seperti yang saya katakan pada poin diatas bahwa kepercayaan diri bisa didapat dengan mempersiapkan materi, karena kepercayaan diri inilah yang dapat membuahkan hasil yang bagus dalam suatu presentasi .

Percaya diri juga bisa kita dapatkan dengan pengalaman berbicara didepan umum, untuk anda yang sering berbicara di depan umum mungkin anda akan memiliki percaya diri yang tinggi dan dapat membawakan suatu presentasi dengan baik walaupun kurang dalam persiapan materi.

3. Materi dikemas semenarik mungkin

Kita harus dapat mengemas materi presentasi semenarik mungkin, hal ini bertujuan untuk menarik audience agar fokus terhadap materi yang di presentasikan.

Selain untuk menarik perhatian audience, materi yang menarik tidak akan membuat audience menjadi jenuh dan tentunya audience dapat lebih paham tentang apa yang kita presentasikan.

4. Biasakan memberi contoh 

Seorang audience terlebih lagi siswa, akan dapat menyerap suatu materi presentasi yang kita bawakan apabila kita memberi contoh karena daya tangkap orang itu beda - beda , ada yang menggunakan pendengaran , penglihatan dan yang paling bagus adalah gabungan dari keduanya .

Dengan melihat contoh siswa dapat mudah memahami materi presentasi dan juga dengan contoh itu seorang siswa memiliki gambaran tentang materi presentasi tersebut .

Mungkin seperti itu sedikit tips dari saya, dan semoga bermanfaat serta terimakasih telah membaca artikel di blog ini.
Previous
Next Post »