Cara Cepat Jago Main Bola Voli

   
Cara-Cepat-Jago-Main-Bola-Voli
   
    Halo sobat apa kabar ? Kali ini saya akan membahas bagaimana cara cepat jago bermain bola voli , ngomong - ngomong agan tau gak apa itu  bola voli ? Yup , bola voli adalah permainan bola dengan menggunakan kedua tangan yang dimainkan oleh 6 orang dalam setiap tim . Masing - masing tim mempunyai Setter , Liberro , dan Spiker .

    Setter mempunyai peran sebagai pemberi umpan kepada spiker , dan bola yang diberikan kepada setter adalah umpan dari seorang liberro , dan spiker mempunyai peran sebagai ujung tombak atau scorer dalam permainan bola voli . Main voli itu gampang - gampang susah sobat , keliatannya sih gampang dan kaya permainan cewe tapi begitu dicoba siap - siap muka sobat bisa jadi sasaran .

    Bermain permainan bola voli memerlukan teknik , insting , dan fisik yang kuat . Dalam bermain bola voli tentu teknik perlu kita kuasai jika tidak , mungkin kita mainnya jadi asal - asalan dan akhirnya menjadi beban pada tim . Bermain bola voli juga memerlukan insting dalam mencetak skor dan melakukan timing , karena insting digunakan saat melakukan spike karena kita akan tau kapan kita harus loncat dan melakukan pukulan ke wilayah lawan yang kosong . Yang tidak kalah penting yaitu fisik , ya iyalah namanya juga olahraga pasti memerlukan fisik atau stamina yang tidak sedikit , contohnya pada saat kita melakukan blok kita harus loncat dan sesudah itu kita mundur dan loncat lagi untuk melakukan spike .

Nah untuk itu , fajar akan membagikan tips nya kepada sobat sebagai berikut :

Latihan Teknik Dasar
  1. Pantulkan bola ke tembok dan lakukan receive atau biasa disebut pasing bawah , usahakan tangan lurus dan di ayun bersamaan dengan lutut dalam posisi setengah jongkok .
  2. Pantulkan bola ke tembok dan lakukan set-up atau biasa disebut pasing atas , lakukan dengan posisi tegak dan tangan di dada , lalu mulai pantulkan bola sebanyak mungkin .
  3. Setelah melakukan receive dan set up lakukan lah blocking , latihan block ini dilakukan di lapangan ( kalau bisa ) dengan posisi tangan diatas lalu lompat setinggi mungkin , sambil berjalan kearah kanan atau kiri .
Latihan Timing Spike
  1. Lakukan awalan spike tanpa lompat  , lakukan sebanyak mungkin atau gimana kuatnya sobat
  2. Lakukan awalan spike memakai lompatan 
  3. Lakukan awalan spike memakai beban pada kedua tangan dengan memegang barbel , atau botol minuman bekas yang diisi tanah .
  4. Coba sobat gantungkan bola diatas lalu lakukan spike , untuk menggantungkan bola sobat bisa di bawah pohon dekat rumah sobat jika tidak ada alatnya .
Latihan Fisik
  1. Lari setiap pagi atau siang kira kira 3-5 km saja dengan jingjit atau menggunakan ujung kaki 
  2. Pada saat lari , ketika kira - kira 100m lagi coba sobat lakukan sprint sampai tujuan , kemudian istirahat sambil jalan - jalan ( Jangan duduk , ini akan mengakibatkan kram pada kaki sobat )
  3. Setelah istirahat dilanjutkan dengan melakukan skipping sebanyak 2x 100 jadi 200x menggunakan ujung kaki sobat
  4. Setiap hari sobat harus bisa melakukan 100x push up , 100x sit up , 100x back up , dan 100x scoatjump , untuk masalah waktunya sobat bisa atur sendiri yang penting 100 itu harus dapat .
  5. Lompat pada kursi atau meja dengan atau tanpa awalan spike , untuk itungannya sobat atur sendiri
  6. Lakukan loncat dada  sebayak 30x
    Nah mungkin seperti itu tips latihan agar jago main voli , lakukan lah latihan itu sendiri karena jika bersama teman , mungkin sobat tidak akan latihan jika teman sobat tidak latihan . Hal yang pertama sobat akan rasakan adalah pegel seluruh tubuh dan mungkin sobat akan sakit untuk berjalan saja , hal ini dikarenakan sobat lari sambil jingjit , tetapi jika sobat kuat dan setelah sembuh lari lagi maka tidak lama lagi lompatan sobat bisa tinggi , karena lari jingjit sangat cepat dalam menambah daya lompat dan bisa juga menambah kecepatan sprint sobat . Saran saya sobat melakukan latihan fisik tanpa menggunakan barbel , hal ini dikarenakan jika sobat masih dalam masa pertumbuhan , tulang sobat pada saaat umur 40++ akan terasa sakit dan pegal - pegal .

Terimakasih telah membaca artikel di blog ini , mudah - mudahan apa yang saya tulis menjadi bermanfaat .

Previous
Next Post »