Cara Agar Terhindar dari Malware Ransomware Wannacry

cara-mencegah-ransomware
Malware Ransomware Wannacry
Ransomware adalah salah satu jenis virus atau malware yang menyerang system pada perangkat anda serta meminta uang tebusan kepada mereka yang perangkatnya terinfeksi malware ini.

Saat ini dunia di gemparkan dengan Malware Ransomware Wannacry yang menyerang para pengguna jaringan internet. Malware ini tergolong kepada jenis Crypto Ransomware yang dirancang untuk mencari dan mengenkripsi data-data penting yang tersimpan pada perangkat anda (PC,Laptop,Smartphone) dan membuat data yang tersimpan tersebut tidak dapat dibuka atau digunakan kecuali memperoleh "Kunci Dekripsi" atau passwordnya.


Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan tips kepada anda bagaimana cara agar terhindar dari serangan  Malware Ransomware Wannacry ini, berikut ini adalah tips nya :

  1.  Backup data secara teratur dan simpan salinan backup di tempat berbeda. 
  2.  Pastikan Windows yang digunakan selalu terupdate terhadap patch atau hotfix dari windows.
  3.  Jangan langsung aktifkan macro dalam dokumen attachment yang diterima melalui email.
  4. Lakukan patch dan upgrade sistem operasi dan aplikasi secara teratur. 
  5. Update antivirus secara online dan terjadwal, pastikan Anda mendapatkan update terakhir dari produsen antivirus untuk menangani malware yang beredar.
  6. Lakukan In Depth Scan di seluruh komputer melalui sistem manajemen antivirus.
  7. Pastikan seluruh konfirgurasi proteksi sudah diset secara optimal.
  8. Gunakan Mail Security untuk proteksi dari sisi mail server agar email dengan attachment bervirus atau spam langsung difilter sebelum sampai di user (user hanya terima clean email). 
  9.  Lakukan Update Patch MS17-010 pada OS Windows
  10. Non Aktifkan Fungsi SMB v1.
  11. Blokir Port 139/445 dan 3389 yang merupakan jalur yang bisa saja dilewati oleh Malware Ransomware Wannacrypt.

Jadi, rawatlah perangkat anda dengan baik, jika anda pusing dengan tips-tips diatas anda bisa melakukan pencegahan dengan cara mengupdate windows anda, update antivirus, selalu lakukan backup data, serta akseslah situs-situs yang aman.

Mungkin itulah tips-tips Cara Agar Terhindar dari Malware Ransomware Wannacry. Terimakasih telah membaca artikel di blog ini mohon maaf bila ada kesalahan dan semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »