Cara Agar Siap Menghadapi Ujian Akhir Semester

cara-agar-siap-menghadapi-uas
Cara Agar Siap Menghadapi Ujian Akhir Semester
Halo sobat apa kabar ? Kali ini saya akan membahas tentang Cara Agar Siap Menghadapi Ujian Akhir Semester, meskipun UAS bagi para siswa telah selesai namun untuk para mahasiswa akan segera tiba, meskipun agak terlambat saya membuat postingan ini namun harapan saya semoga berguna bagi yang sedang membutuhkan.

UAS atau Ujian Akhir Semester ini sesuai dengan namanya yaitu ujian yang dilaksanakan pada akhir semester. 

Benarkah UAS dapat mempengaruhi nilai rapor ?

Jawabannya bisa "Ya" bisa "Tidak".

Jawaban "Ya" jika di perguruan tinggi, karena di perguruan tinggi bobot nilai tertinggi yaitu UTS dengan UAS .

Jawaban "Tidak" jika di sekolah, karena pengalaman saya dulu jika hasil uas dibagikan maka nilai saya tidak terlalu bagus dan bahkan ada yang jelek , namun nilai rapor saya rata-rata besar, hal itu karena di dalam kurikulum sekolah hal yang paling utama adalah Sikap yang meliputi kejujuran, kesopanan, tingkah laku, keaktifan, dll.

Terus jika tidak berpengaruh terhadap nilai rapor, mengapa UAS perlu disiapkan ?

Begini, nilai uas merupakan nilai dari hasil belajar sobat selama satu semester terus apakah sobat merasa senang dengan nilai besar tetapi bukan dari hasil belajar sobat ? Jawabannya tentu tidak meskipun ada yang mengatakan "Saya bangga nilai besar walau hasil menyontek" tetapi itu hanya dimulut saja pasti di hati kecil mereka, tidak merasakan bangga yang ada hanyalah senang karena tidak mendapat remidial bukan karena nilai besar yang mereka dapatkan.

Berikut ini merupakan tips yang mungkin dapat membantu anda dalam mempersiapkan uas :

1. Siapkan materi yang akan dipelajari

Yang pertama dan yang paling utama yaitu mempersiapkan materi yang akan akan dipelajari karena tanpa adanya kesiapan materi pada akhirnya anda akan melakukan hal curang seperti menanyakan jawaban atau melihat ke internet.

2. Jaga kesehatan

Poin kedua juga penting sobat sekalian, karena jika kita sakit maka semua hal yang telah anda persiapkan akan sia-sia karena anda tidak dapat mengikuti ujian dikarenakan sakit.

3. Percaya diri

Percaya diri disini lebih kepada jawaban yang anda tulis bahwa jawaban yang di isi merupakan jawaban terbaik dan benar menurut anda. 

Percaya diri ini penting lho, karena jika anda menanyakan jawaban kepada teman terus setelah dibagikan hasil uas ternyata jawabannya salah dan jawaban yang anda tulis sebelum diganti dengan jawaban dari teman anda adalah jawaban yang benar. Sakitnya tuh disini...!!

4. Do'a

Setelah ketiga poin sebelumnya sudah siap maka yang terakhir adalah do'a, karena tanpa adanya do'a semua hal yang kita lakukan bisa sia-sia ataupun tidak berjalan dengan baik.

Maka sebelum melaksanakan uas alangkah baiknya meminta doa kepada Tuhan yang maha esa dan meminta doa kepada orang tua anda sekalian.

Nah mungkin seperti itu untuk pembahasan tentang Cara Agar Siap Menghadapi Ujian Akhir Semester, dan mudah-mudahan artikel yang saya tulis ini memberikan manfaat bagi anda.

Previous
Next Post »