Cara Mengatasi Anak Yang Sudah Kecanduan Gadget


cara-mengatasi-anak-yang-sudah-kecanduan-gadget
Cara Mengatasi Anak Yang Sudah Kecanduan Gadget
Di zaman yang serba teknologi seperti saat ini pemakaian gadget seperti sudah melekat erat dalam diri semua orang, entah itu anak-anak,rema bahkan orang tua setiap hari memakai gadget.
Anak-anak sekarang sudah banyak yang memahami dan memegang gadget sendiri, kemana-mana selalu membawa perangkat canggih ini.
Orang tua pun mengizinkan anak-anaknya memakai gadget dengan berbagai macam alasan.
Namun banyak orang tua yang tak sadar bahwa anak-anak mereka saat ini sudah mulai kecanduan gadget.
Dari pihak orang tua mennganggap fenomena ini hanyalah hal yang biasa dan bahkan jika tidak seperti itu maka dianggapnya sudah ketinggalan jaman.
Sesungguhnya ada banyak sekali bahaya yang sudah mengancam anak anda apabila sudah kecanduan yang namanya gadget ini.
Kecanduan gadget mampu mengganggu fisik dan psikis anak-anak anda. Seperti anak tidak lagi pega terhadap lingkungannya, malas untuk mengerjakan sesuatu,malas untuk bersosialisai bersama teman-temannya dan sulit diajak berfikir.
Sebagai orang tua yang selalu memperhatikan perkembangan anak, seharusnya merasa prihatin dengan konsisinya yang semakin kecanduan gadget ini.
Dan langkah yang harus anda lakukan adalah mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.
1. Mengajak Anak Bermain Diluar Rumah
Ketika anak diajak untuk pergi bermain diluar rumah dan tanpa membawa gadget. Maka dia bisa melupakan gadget dan perhatiannya teralihkan untuk segera berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.
Di luar rumah, anda bisa mengarahkan anak untuk bermain lompat tali,bola,kelereng maupun hal lain yang lebih menyenangkan.
Meskipun mainan itu bisa membuatnya senang, namun usahakan juga ada unsur olah fisik dan edukasinya.
Sehingga, disamping anak-anak anda senang dan gembira, dia juga bisa menjadi sehat dan lebih pintar.
2. Tetapkan Hari Bebas Gadget
Hari bebas gadget bisa anda tentukan sendiri dengan berkomunikasi dengan anak-anak anda terlebih dahulu.
Jika belum mampu untuk melakukan bebas gadget sepanjang hari, maka anda bisa melakukan cara sedikit demi sedikit yaitu dengan mengurangi waktu penggunaan gadget sedikit demi sedikit pada anak.
Dengan cara tersebut maka anak tak akan terasa dia bisa meninggalkan gadget dalam waktu sehari.
3. Memberi Anak Kesibukan Yang Menarik Masa anak-anak merupakan masa yang banyak melakukan berbagai aktifitas. Tak ada anak yang cuma berdiam diri tanpa melakukan banyak aktifitas. Tak hanya itu saja , dengan banyak aktifitas bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang baik pada anak.
Oleh sebab itu, berilah anak anda kesibukan yang menarik dan lebih bermanfaat. Dengan kegiatan yang menyenangkan dan menarik maka andak anda menjadi betah dalam menjalaninya.
4. Ajak Anak Anda Untuk Bersosialisasi dengan Temannya
Bersosialisai dengan teman-temannya bisa mengalihkan kebiasaan anak dalam bermain gadget, sebab dia lebih fokus untuk berinteraksi dengan semua teman-temannya ketika bermain.
5. Memberikan Reward
Reawrd bisa menjadi faktor utama untuk keberhasilan rencana yang telah anda jalankan.
Tentunya anak-anak anda akan tergiur untuk mendapatkannya jika reward yang anda tawarkan menarik dan sangat bernilai untuk mereka. Agar reward tetap menarik sebaiknya anda menawarkan reward berupa hal yang baru.
6. Menjadi Panutan Bagi Anak
Anak merupakan peniru ulung dari orang tuanya. Sehingga sikap dan perilaku anak adalah cermin bagi kedua orang tuanya.
Semua yang dilakukan orang tua, pastinya akan diikuti juga oleh anak-anaknya dengan baik. Oleh sebab itu, anda sebagai orang tua harus mampu menggunakan gadget seperlunya saja.

Hindarilah kebiasaan sedikit-sedikit memegang gadget, setiap lima menit selalu membuka BBM,facebook,Watshap, dan Twitter.
Previous
Next Post »